7 LANGKAH AWAL KETIKA MENULIS IKLAN

0

7 langkah Awal Ketika   Menulis Iklan

Langkah 1 :
Siapkan Teks Editor, kalau bisa jangan memakai microscof word. Anda bis gunakan program
Download http://www.fookes.com/notetab/index.php atau memakai notepad

langkah 2 :
hindari kesalahan fatal yang sering dilakukan kebanyakan Marketer.
Apa kesalahan fatal yang dilakukan marketer, yaitu mereka beriklan dengan tujuan “ bagaimana iklan ppc sya menghasilkan uang” sebenarnya itu salah besar. Saat kita berikalan harus berfikir “ bagaimana iklan PPc kita sering di klik dan ada yang mau membeli dari iklan yang kita tawarkan” minimal 100 klik yang beli lebih dari satu atau 100 x 1%.

Langkah 3:
Pahami aturan
Setiap PPC, termasuk  google Adword memiliki aturan specific tentang ‘word-account’ atau jumlah kata dan bahkan panjang baris untuk setiap iklan yang kita pasang di perusahaan mereka.
Dengan memakai NOtetab, kita bisa menjalankan  tugas dengan baik.pakai fitur Tools>Text Statistics. Dari Notetab kita tahu berapa jumlah karakter yang kita miliki pada satu baris iklan kita. Notetab tidak akan melewati satupun ( termasuk spasi akan di hitung)
Untuk  lebih jelasnya, saya akan ambil contoh Google adwords. Berikut ini aturan membuat iklan Google adwords
Judul/Headline  : maksimum 25 karakter termasuk spasi
Deskripsi baris 1  : maksimum 35 karakter termasuk spasi
Deskripsi Baris 2 : maksimum 35 karakter temasuk spasi
Tampilan URL untuk iklan  : maksimum 35 karakter
URL yang dituju : maksimum 1024 karakter

Langkah 4:
Pahami kata kunci kita
Tips : saat melakukan riset, mulailah dengan kata kunci ‘ Utama ‘ yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang kita promosikan, dan lalu kita gali kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci utama.
Mulailah mencari dengan kata kunci ‘ Utama ‘ yang berhubungan dengan situs yang sedang kita promosikan, nanti alat itu akan memberikan pilihan kata kunci-kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci utama.
Sebagai contoh, misalnya saya ingin mempromosikan produk yang berhubungan dengan ‘bagaimana cara menghilangkan stress’ dan kata kunci utama saya aalah : ‘Stress Reduction’, atau stress relief.
Setelah saya memiliki kumpulan keyword yang saya rasa cocok untuk situs kita, maka langkah sekanjutnya adalah memulai membuat Headline.
Anda bisa mencari  kumpulan keyword di alamat ini

Langkah 5 :
Mulai membuat Headline
Tugas utama headline adalah menerik perhatian pembaca
Bagaimana caranya untuk bisa membuat headline yang menarik, kita harus bisa member tahu pada pembaca apa manfaat dari produk atau jasa kita untuk mereka
Disini kita harus bisa menyampaikan pesan tentang apa yang akan prospek dapatkan bila mereka membeli produk/jasa kita, karena itu yang mereka pedulikan saat membaca iklan kita. Prospek hanya ingin tahu apa keuntungan produk/jasa kita bagi mereka. Tidak ada yang lain.
Dibawah ini ada tips yang bisa kita ikuti :
1.    Cari tahu apa manfaat utama dari produk atau servis yang sedang kita pasarkan. Kalu kita dihadapkan dengan beberapa atau banyak manfaat, coba diperempit sampai kita mendapat manfaat yang paling utama.
2.    Saat menulis headline, hindari menulis kalimat. Khusus penulisan headline, lebih pendek lebih baik.
Saat menulis headlines, akan sangat membantu kalau kita berpikir bahwa headlines merupakan “iklannya isi/badan iklan” kita
Maksudnya, tugas headlines ini menangkap perhatian pembaca agar mereka mau membaca iklan kita selanjutnya.
Make the point, get attention, Act Now, mengerti maksud saya?
Dibawah ini adalah contoh headlines yang bagus ;

Stress Reduction
Powerful Techniques To improve your
Mind& Radically Reduce Stress!
www.youTheGenius.com
kenapa saya bilang bagus? Karena keinginan untuk kengurangi stress itu banyak diminati oleh kebanyakan orang dan iklan kita cukup menjelaskan, bahwa situs YouTheGenius.com akan member tahu lebih jauh tentang bagaimana cara mengurangi stress.
3.    Usahakan untuk mengunakan salah satu keyword yang kita biding ( tawar), apa sebabnya? Karena google selalu mencetak tebal kata kunci hasil pencarian prospek di SE mereka  dan kata yang dicetak tebal ini akan menarik perhatian orang yang mengetikkan kata kunci tersebut.
Contoh : aa orang yang mengetikan kata kunci : stress reduction” di SE gopgle, dan saya merupakan salah satu Advertiser ( pemasang iklan) yang mem-bidding kata kunci tersebut, maka iklan saya akan muncul seperti berikut :

Lihat kta-kata iklan yang di cetak tebal, supaya lebih jelas, saya berikan 2 contoh yann berbeda:

Stress Reduction
Powerful Technique to improve your
Mind & Raduce Stress
www.YouThegenius.com
use Brain GYM
stress Reduction software
Reprogram Your Mind Fast!
www.YouTheGenius.com

menggunakan salah satu keyword yang kita bidding untuk iklan sangatlah penting! Karena kata kunci yang muncul dalam iklan dan dicetak tebal tersebutnbetul-betul bisa menarik perhatian dan memancing mata prospek kita yang memang sedang mencari informadi yang berhubungan!

Langkah 6 :
Memulai membuat Body iklan
Body iklan adalah  iklan yang akan memotivasi prospek untuk mengeklik iklan kita
Tips : buatlah badan iklan sependek mungkin, berisi kata-kata positif, bersemangat dan menyenangkan.
langkah 7 :
atur penulisan alamat situs ( URL)
Alamat URL jangan sampai salah. apabila anda melakukan kesalahan dalam pembuatan alamat URL, maka iklan anda tidak akan bisa ditampilkan atau di tolak.


Semoga dapat membantu Anda untuk membuat iklan di Adword, yahoo dll.

                                                                                                                                                           sebagian sumber diambil dari joko susilo

Respon 

Comments (0)

Posting Komentar