8 HAL YANG PERLU DIKETAHUI DARI KONSUMEN ANDA

0

8 HAL YANG PERLU DIKETAHUI DARI KONSUMEN ANDA

Informasi ini akan saya berikan kepada anda, yaitu tentang konsumen Anda. Konsumen adalah darah kita, raja kita dan menjadi rekan usaha kita, maka kita harus mengetahui bagaimana konsumen kita.
Dengan bisnis internet ini apa saja yang perlu diketahui dari konsumen kita?

1.  Nama. Ingat baik-baik siapa nama mereka. Siapa nama panggilannya. Rumahnya mana. Gunakan
    informasi awal itu untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan konsumen anda.

    Kalau konsumennya baru satu-dua tentu masih mudah mengingatnya, namun kalau jumlahnya 
    sudah puluhan   atau ratusan ribu pasti akan terasa sulit. Lalu bagaimana?

    Solusinya anda wajib menjaga keakuratan database pelanggan anda. Sehingga ketika ada informasi
    yang anda butuhkan, anda bisa mendapatkannya secara cepat. Sering-sering juga sapa para
    konsumen anda. 

2.  Tanggal lahir mereka. Berilah kejutan kepada konsumen kita pada hari special mereka.
    Konsumen akan merasa sengan apabila kita memberikan perhatian kepada konsumen kita.

    Kita bisa memberikan hadiah berupa ucapan yang berharga atau sebuah barang yang bisa kita .   
    berikan. selam pelanggan kita masih loyal dengan kita, maka kita harus menjaganya dengan baik.
3.  Apa yang telah mereka beli. Jika anda tahu apa saja yang sudah konsumenanda beli  sebelumnya,
    anda akan mudah mengira apa yang cocok untuk ditawarkan kemudian. Sebab anda minimal sudah
    tahu apa   minat mereka. Perilaku konsumen ini biasanya dipelajari dalam kebutuhan awal dan
    belanja ulangnya.

4.  Seberapa sering Konsumen membeli. perhatikanlah konsumen yang sering membeli produk
    dari anda dan mau berbelanja ulang. Mereka adalah aset kita yang bisa dipelihara
    dengan baik. Adapun konsumen yang belum maksimal, maka kita harus meklakukan
    pendekatan dengan konsumen kita.

5.  Kapan terakhir kali konsumen membeli. kita harus mengetahui kapan sonsumen
    terakhir membeli dan mana konsumen yang loyal serta konsumen yang sudah tidak
    membeli. Tugas anda kemudian adalah menjaga baik-baik konsumen loyal anda dan
    berusaha mendatangkan kembali mereka yang pergi.

 6.  Berapa banyak yang dibelanjakan. Besar transaksi perlu juga mendapat perhatian.
    Semakin besar transaksi yang dilakukan, anda pasti semakin senang kan. :)

7.  Ingat interaksi terakhir yang anda lakukan. Seperti misalnya menyinggung obrolan
    terakhir kali berkomunikasi. Hal ini akan membuat tersebut merasa penting dan diperhatikan.

8.  Masukan konsumen. Masukan, kritikan, atau tanggapan dari pelanggan         adalah
    obat mujarab untuk peningkatan bisnis internet anda. Penuhi kebutuhan
    konsumen anda, pasti bisnis anda akan semakin meningkat dan  kita akan bertambah.

Semoga 8 langkah ini dapat membantu bisnis Anda dan bisa diterapkan dengan sebaik mungkin.

Respon 

Comments (0)

Posting Komentar